4 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Perlu Anda Ketahui

Mengulas tentang sejarah sebuah kerajaan maupun benda peninggalannya tentunya menjadi hal yang penting. Apalagi kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengerti tentang benda peninggalan dari setiap kerajaan di Indonesia ini. Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar yang berada di Nusantara bahkan telah berkuasa mulai dari tahun 1293 hingga 1500 masehi. Tentunya ada banyak peninggalan Kerajaan Majapahit yang bisa anda ketahui.

Saat itu kerajaan Majapahit berhasil mencapai masa kejayaan saat berada di bawah pimpinan Raja Hayam Wuruk. Dimana sang raja memang berkuasa mulai dari tahun 1350 hingga 1389 Masehi. Tentunya ada lumayan banyak benda peninggalan bersejarah yang ada pada kerajaan tersebut. Kali ini anda bisa mengerti beberapa peninggalan kerajaan Majapahit dari penjelasan berikut ini:

1. Candi Sukuh

Hasil peninggalan Kerajaan Majapahit yang satu ini berupa Candi Sukuh yang berada di desa Berjo. Lebih tepatnya lagi berjarak sekitar 20 km jika berasal dari Karanganyar. Candi tersebut konon sudah dibangun sejak tahun 1437 Masehi yang termasuk dalam candi Hindu. Candi tersebut bahkan juga dinilai begitu vulgar bahkan sudah dianggap controversial. Hal ini ternyata dikarenakan banyaknya patung ataupun relief yang berada pada candi menunjukkan sebuah organ intim manusia.

2. Candi Brahu

Candi yang satu ini ternyata juga termasuk dalam benda peninggalan Kerajaan Majapahit. Lokasi dari candi ini memang berada di area komplek Trowulan lebih tepatnya desa Bejijong. Candi yang telah dibangun dengan kultur Budha ini memang menghadap ke utara dengan menggunakan sebuah batu bata merah. Menurut perkiraan yang telah ada, candi ini telah berdiri pada abad 15 Masehi.

3. Candi Wringin Branjang

Candi yang satu ini ternyata juga masuk dalam kategori peninggalan Kerajaan Majapahit. Dimana candi tersebut berhasil di temukan tepatnya pada desa Gadungan, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Menariknya bentuk candi ini begitu sederhana dimana hanya ada atap candi maupun badan candi ukurannya dengan leba 300 cm, panjang 400 cm serta tingginya 500 cm. Dengan adanya bentuk candi yag terbilang unik ini biasanya sering dipergunakan sebagai tempat penyimpanan beragam alat upacara.

4. Candi Pari

Candi yang menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit ini berada di Desa Candi dengan Kecamatan Porong, Sidoarjo. Candi tersebut berhasil dibangun dengan batu bata dengan bentuknya persegi empat menghadap ke barat. Candi tersebut bahkan telah berdiri pada tahun 1371 Masehi.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai peninggalan Kerajaan Majapahit yang bisa anda ketahui. Sebetulnya masih ada beberapa benda bersejarah lainnya yang perlu anda ketahui. Semoga saja dengan adanya sedikit ilmu ini bisa memperluas wawasan anda mengenai sejarah. Apalagi kita sebagai anak muda perlu mengetahui apa saja benda peninggalan bersejarah dari setiap kerajaan yang sudah ada di Indonesia ini., source: https://kalimat.id.